Salah satu langkah dalam melakukan retouching dan perbaikan pada foto adalah dengan mengatur kontras foto dengan Photoshop. Kontras (contrast) adalah rentang antara shadow dan highlight pada foto, semakin dekat rentang jaraknya semakin tinggi kontrasnya dan sebaliknya semakin jauh makan semakin rendah kontrasnya. Tidak ada aturan foto dengan tingkat kontras seperti apa yang harus dilakukan, semuanya tergantung dari style yang diinginkan oleh fotografernya sendiri apakah high contrast atau low contrast.
Untuk mengatur kontras foto dengan Photoshop kita dapat melakukannya dengan berbagai image adjustment yang ada di Photoshop. Beberapa diantaranya yang populer digunakan adalah pilihan Brightness/Contrast, Level dan Curve. Namun apabila Anda mengatur kontras foto dengan Photoshop menggunakan fitur-fitur yang disebutkan sebelumnya, maka apabila diperhatikan warna yang ada menjadi lebih saturated. Sebagai contoh, silahkan buka image yang akan Anda rubah tingkat kontrastnya. Kemudian lakukan perubahan kontras yang ekstrim, maka Anda dapat melihat warna yang ada instead berubaha tingkat kontrastnya namun yang terjadi adalag saturasinya meningkat.

kontrast01 Tips Mengatur Kontras Foto Dengan Photoshop
Foto awal sebelum pengaturan kontras.
kontrast02 Tips Mengatur Kontras Foto Dengan Photoshop
Foto setelah diedit high contrast dengan adjustment Curve.

Seperti yang Anda lihat, setelah diedit menjadi high contrast seperti pada foto di atas maka warna yang ada pada foto berubah menjadi lebih saturated dari sebelumnya. Padahal seperti yang saya jelaskan di awal tulisan ini, bahwa kontras seharusnya lebih kepada shadow highlight atau gelap terang pada foto dan bukan pada komponen warna.
Pada tutorial kali saya akan memperlihatkan cara cepat tips mengatur kontras foto dengan Photoshop untuk menghasilkan kontras tanpa mempengaruhi unsur warna dan hanya menghasilkan efek pada unsur shadow dan highlight saja seperti contoh gambar di bawah ini:

kontrast03 Tips Mengatur Kontras Foto Dengan Photoshop
High contrast pada foto tanpa perubahan pada warna

Berikut tutorial cepat mengenai tips mengatur foto dengan Photoshop tanpa menghasilkan perubahan pada warna:


sumber : http://fotografidesain.com