Proses Color Toning merupakan proses memberikan atau mengedit nuansa warna yang ada pada foto. Proses ini biasa dilakukan untuk memberikan mood dan atmosfer pada foto sesuai dengan subjek atau tema foto tersebut. Untuk memberikan color tone ini bisa dilakukan dengan tool-tool yang ada di Adobe Photoshop seperti Hue/Saturation dan Color Balance. Di Adobe Photoshop versi CS6, Adobe menyertakan beberapa preset yang dapat digunakan sebagai cara Color Toning foto cepat menggunakan Adobe Photoshop CS6 ini. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana memanfaatkan preset Photographi Tint yang baru disertakan di Adobe Photoshop CS6 untuk adjustment Gradient Map, serta menggunakan preset di Adjustment Layer baru yang ada di Photoshop CS6 yaitu Color Lookup. Dengan memanfaatkan preset ini kita bisa memanfaatkannya sebagai cara untuk melakukan color toning foto dengan cepat menggunakan Adobe Photoshop CS6.
Namun masalah yang sering terjadi apabila Anda sering menggunakan preset adalah kecenderungan color tone foto menjadi tidak unik dan kadang sama dengan color tone yang ada di foto lain atau dibuat oleh fotografer lain yang menggunakan preset yang sama. Untuk membuat color tone ini menjadi lebih bervariasi dan unik, maka Anda dapat melihat caranya di video tutorial dibawah ini melalui 2 tips sederhana. Dengan tips ini Anda dapat membuat color tone yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Dengan membuat color tone yang unik ini maka Anda dapat mengembangkan style warna foto Anda sendiri dengan memodifikasi preset color tone yang sudah ada.
Seperti biasa apabila Anda menerapkan teknik yang saya berikan melalui tutorial ini, saya akan sangat berterima kasih apabila Anda mengupload karya Anda tersebut di group FlickrFotografiDesain atau sekedar share link foto Anda di bagian comment di bawah artikel ini. Selamat berkarya…


sumber : http://fotografidesain.com